Senin, 31 Mei 2010

Terapi Enuresis

Penyembuhan anak Enuresis merupakan seni pengobatan. Enuresis merupakan kondisi yang akan hilang dengan sendirinya. Penyembuhan dapat terjadi secara alami. Perhatian dan waktu untuk mendengarkan sangat penting.

Stress dan emosi yang mengakibatkan mengompol pada anak meningkat ketika orang tua sibuk membersihkan perlengkapan anak yang terkena ompolan. Hukuman tidak berpengaruh sangat besar, bahkan banyak anak yang merasa cemas untuk berhenti mengompol.

Sebaiknya anak diberi penghargaan yang dapat mendorong anak untuk berhenti mengompol. Orang tua juga dapat memberikan sebuah buku tulis untuk catatan harian. Dimana catatan harian tersebut merupakan catatan hari – hari anak tanpa mengompol.

Terapi kondisional dengan alarm enuresis berguna bagi anak berusia lebih dari 7 tahun dan memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Alarm ini berbentuk listrik bertegangan rendah. Urin membasahi sensor dan rangkaian tersambung. Alarm harus digunakan 3 hingga 4 bulan dan membutuhkan upaya yang lebih keras dari anak dan keluarga. Biasanya akhirnya anak akan bangun sebelum mengompol atau tidur tanpa mengompol.

Cara Kerja Alarm

Alarm pada tubuh serta bantalan dan seprai → alarm berbunyi → anak terbangun →anak ke toilet → alarm di set kembali

Penggunaan obat – obatan tidak terlalu berguna dalam terapi enuresis nocturnal. Meski obat – obatan antidepresan trisiklik ( imipramin ) dan antidiuretik ( desmopresin ) mengurangi mengompol bila obat diminum, namun besar kemungkinan akan kembali ketika obat dihentikan.

Daftar Pustaka :

Meadow Roy, Newell Simon. 2002. Lecture Notes Pediatrika. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar: