Senin, 31 Mei 2010

Penyebab Enuresis

Penyebab Nocturnal Enuresis bermacam – macam dan dapat disebabkan oleh beberapa factor. Faktor genetic dengan riwayat keluarga yang sama merupakan yang paling sering terjadi. Faktor keterlambatan perkembangan juga merupakan salah satunya seperti anak yang terlambat berjalan, biasanya juga terlambat belajar mengontrol mikturisi.

Kejadian – kejadian yang menimbulkan anak stress, seperti perawatan di rumah sakit, pada saat anak belajar mengendalikan mikturisi dapat mempengaruhi proses belajar dan stress berat di kemudian hari dapat menyebabkan kembalinya Enuresis. Kebanyakan anak yang mengalami Enuresis tidak mengalami gangguan psikologis dan organic.

Setiap kondisi yang menyebabkan Poliuria ( misalnya diabetes ) atau iritasi kandung kemih dapat menyebabkan mengompol, namun mengompol jarang menjadi gejala utama penyakit tersebut. Anak yang mengalami Enuresis harus mengalami pemeriksaan penuh. Jika dalam beberapa hari anak tidak mengompol sama sekali pada malam hari, kita dapat yakin bahwa tidak ada defek mekanikpada traktus urinasius. Urin harus diperiks untuk memeriksa glukosa dan infeksinya.

Daftar Pustaka :

Meadow Roy, Newell Simon. 2002. Lecture Notes Pediatrika. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar: