Senin, 31 Mei 2010

Macam - Macam Gagap

Berat ringannya gangguan gagap menurut Dra Karsinah tidak dapat ditentukan. Namun gagap sendiri dibagi menjadi 3, yakni :

1. Gagap Permulaan ( Primary Stuttering )

Gagap pemulaan disebut gagap ringan. Biasanya penderita baru berusia 3 sampai 4 tahun. Dan belum sadar dengan kegagapannya. Walaupun telah melakukan pengulangan atau perpanjangan kata dan kalimat, penderita tidak takut berbicara karena ketidaksadarannya tersebut. Biasanya yang menyebabkan penderita gagap adalah telinga orang lain yang mulai mengingatkannya. Dari hal inilah yang membuat gagap seseorang menjadi parah. Dan penderita menjadi ke tingkat gagap transisi.

2. Gagap Transisi atau Peralihan

Pada gagap ini penderita masih bisa bergaul seperti biasanya dengan orang lain yang ada di lingkungannya. Tetapi karena sudah merasa mengalami kelainan pada cara bicaranya, lama – kelamaan akan mempengaruhinya sehingga ia bisa masuk ke dalam tahap gagap yang sebenarnya.

3. Gagap Sebenarnya ( Secondary Stuttering )

Pada tahap gagap ini, penderita sudah takut untuk berbicara. Selain itu, ada pula tanda – tanda lain yang tidak ditemukan pada tahap sebelumnya. Pada penderita gagap, selain ada gejala utamanya, ada juga gejala penyertanya yang dapat tampak dan tidak tampak.

Daftar Pustaka :

Chairani Nina., Nurachmi. 2003. Biarkan Anak Bicara. Jakarta: Republika

Tidak ada komentar: