Senin, 31 Mei 2010

Gagap Bisa Sembuh

Menurut Dra Karsinah penderita secondary stuttering memiliki peluang kesembuhan 99%. Tetapi dapat muncul kembali apabila mengalami stress yang berat. Tapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Bila kambuh, penderita gagap sudah mengetahui cara mengatasinya. Kalaupun dengan bantuan terapis, biasanya cukup satu atau dua kali pertemuan.
Waktu yang diperlukan penderita gagap untuk sembuh masing – masing tidak sama. Berdasarkan pengalaman Dra Karsinah, semua itu tergantung dari kemampuan, keinginan dan usaha untuk sembuh. Ada proses penyembuhan yang terjadi selama sebulan dengan 8 kali pertemuan. Namun ada pula yang mencapai satu tahun.
Kemampuan individu, berdasarkan pengamatan Dra Karsinah punya peranan yang sangat penting. Penderita gagap yang belajar di sekolah yang normal memiliki kesempatan besar untuk sembuh daripada penderita yang belajar di Sekolah Luar Biasa ( SLB ). Kebanyakan anak yang gagap memiliki IQ yang cukup. Mereka juga dapat berhasil di bidang pendidikan maupun dunia pekerjaannya.


Daftar Pustaka :
Chairani Nina., Nurachmi. 2003. Biarkan Anak Bicara. Jakarta: Republika

Tidak ada komentar: