Rabu, 31 Maret 2010

Kesulitan Belajar Dipicu Karena Pola Asuh Yang Salah

Kesulitan belajar anak dapat muncul karena pola asuh orang tua yang salah seperti orang tua yang selalu menuntut anaknya untuk menjadi yang terbaik. Banyak anak kesulitan belajar berasal dari keluarga yang orang tuanya mempunyai pendidikan yang tinggi. Anak dituntut untuk memiliki pendidikan yang lebih tinggi dari orang tuanya atau paling tidak sama seperti mereka.
Orang tua yang terlalu sibuk bekerja pun tidak dapat tanggap terhadap keluhan anak dalam belajar di sekolah. Hal – hal yang ingin anak sampaikan dalam kesulitannya belajar tidak tercapai. Orang tua biasanya hanya mempercayakan pendidikan anaknya di sekolah maupun tempat bimbingan belajar atau les. Orang tua tidak dapat membantu secara optimal anaknya seperti tidak dapat membantu anak dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.
Orang tua yang terlalu membebaskan anaknya juga kurang baik. Hal ini diarenakan anak tidak dapat terkontrol kondisi belajarnya. Anak bisa saja jadi lebih banyak bermain daripada belajarnya. Orang tua yang overprotective juga kurang baik. Karena anak akan merasa terkekang oleh aturan – aturan orang tua. Anak bisa menjadi stres sehingga mereka belajar karena hal yang dipaksakan.
Masalah lain dalam kesulitan belajar juga sering muncul seperti keluarga sedang mengalami konflik, kepercayaan diri anak kurang, lungkungan sekolah kurang mendukung dan masalah kesehatan dan fisik.


Daftar Pustaka :

Drost, Wanei. G. K. (2003). Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta:
Kanisius.

Tidak ada komentar: