Selasa, 16 Maret 2010

Penyebab Terjadinya Autis

Penyebab terjadinya autis belum diketahui secara pasti namun kemungkinan adanya kelainan saraf system saraf (neurology). Di era 50an diketahui penyebabnya dikarenakan pengaruh perlakuan orang tua dimasa anak –anak. Di era tahun 40an menurut Dr. Leo Kanner bahwa orang tua dari anak autis tidak memiliki kehangatan dalam membesarkan anaknya. Pada teori ini orang tua malah mengalami rasa penyesalan dan melakukan psycho terapi karena merasa dihina oleh teori tersebut. Belum ada data yang membuktikan bahwa penyebab autis karena perilaku orang tua.
Akhir – akhir ini para ahli mengakui bahw a penyebab autisme terjadi karena kelainan luhur di daerah otak. Kelainan fungsi ini terjadi karena trauma 0trauma yang dilami anak seperti :
- Bayi dalam kandungan keracunan kehamilan seperi (toxemia gravidarum), infeksi virus rubella, virus cytomegallo dan sebagainya.
- Kekurangan oksigen (anoksia) pada saat proses setelah kelahiran.
- Pembentukan otak yang kecil misalnya vermis otak kecil yang lebih kecil (mikrosepali), pengerutan jaringan otak (tuber sclerosis)
- Kelainan metabolisme seperti Penyakit Addison (infeksi tuberkulosa dan bertambahnya pigmen tubuh dan penurunan mental).
- Kelainan kromosom misalnya syndrome chromosoma X, sindroma chromosom XYY.

Daftar Pustaka :
Yatim, Faisal. 2002. Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak – Anak. Jakarta : Obor.

Tidak ada komentar: