Kamis, 19 November 2009

Psikopat

Orang biasanya takut mendengar kata-kata psikopat. Karena psikopat identik dengan sebutan seorang pembunuh berdarah dingin, pemerkosa dan banyak sebutan lainnya. Psikopat merupakan seorang yang memiliki kepribadian antisosial dan banyak merugikan orang lain yang dapat pula disebut dengan sosiopat.
Psikopat adalah sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit.
Pengidapnya cenderung mempunyai gejala-gejala, seperti kurang atau tidak memiliki rasa cinta. Kurang empati atau tidak memiliki kepedulian. Tidak memiliki rasa bersalah dan penyesalan dan mesikpun terkadang mengakui kesalahnya. Menganggap dirinya seseorang yang sempurna dan hebat. Sering bertindak agresif dan tidak takut akan apapun. Menebar fitnah, memutar balikkan fakta, sering berbohong dan seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan. Impulsif dan sulit mengendalikan diri dan emosinya. Sering marah karena dengan hal kecil, kritik dan kegagalan. Di masa kecil sering melakukan pelanggaran perilaku. Memanfaatkan orang lain dalam hidupnya. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan. Kepribadiannya tertutup.
Seorang psikopat juga kadang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kadang seperti layaknya orang normal, kadang memiliki jiwa yang berlebihan. Pengidap penyakit ini sulit untuk dideteksi dan sulit pula untuk disembuhkan.


Sumber Referensi :
www.id.wikipedia.org

1 komentar:

Tiwi mengatakan...

retha apa ci bedanya antara orabg yang mengidap psikopat sama orang yang emang memiliki temperamen yang galak atau emosian banget yang kalo salah sedikit aja langsung main pukul??

tru k'lo kita memiliki teman atau pacar atau keluarga yang psikopat, bagaimana caranya menghadapi orang tersebut kalau-kalau dia sedang marah-marah??